Unknown
Berikut ini perbandingan ukuran bumi dengan benda-benda angkasa lain :





Gambar menunjukkan besar bumi dibandingkan dengan planet-planet yang ukurannya lebih kecili yaitu: Venus, Mars, Merkurius dan Pluto.
Unknown


Unknown
Oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D
“Wemi 17 + 5 berapa?” pertanyaan ini saya ajukan pada seorang siswa kelas V di suatu Sekolah dasar di Kabupaten Tolikara Papua.  Wemi menggambar 17 garis-garis kecil dan 5 garis-garis kecil. Kemudian  ia menghitung banyaknya garis itu satu persatu hingga ia dapatkan hasil 22.  Wemi termasuk salah satu anak yang cukup baik, anak yang lain bahkan tidak bisa menghitung penjumlahan sama sekali, apalagi perkalian dan pembagian.
Di daerah lain di Papua, saya menginterview kali ini anak-anak SMA.  Saya bertanya pada anak-anak tersebut  “berapa 1/2 + 1/3=”.  Tidak ada satupun yang menjawab 5/6, sebagian besar menjawab 2/5 bahkan ada yang menjawab 1/5.    Saya sempat bertanya pada kepala sekolah kenapa anak-anak  ini bisa jadi seperti ini? Kepala sekolah menjawab :”kualitas guru disini sangat rendah dan muridnya memang tidak berbakat matematika”.  “Lalu apa kriteria anak ini naik kelas?” tanya saya lebih lanjut.   “Tidak ada! Semua anak dinaikan kelas”  kepala sekolah menjawab dengan jujur.  “Kalau tidak naik kelas, orang tua akan datang bawa parang dan tombak”, lanjutnya.  Orangtua disana merindukan anak-anaknya pintar, itu sebabnya mereka menyuruh anaknya bersekolah. Jika anak mereka tidak lulus,  mereka anggap sekolah tidak mengajar dengan baik. Wajar saja kalau mereka menuntut kenaikan kelas dengan parang dan tombak.
Pembelajaran  Matematika dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) merupakan masalah yang  besar tidak hanya di daerah-daerah  tetapi juga di kota-kota besar.  Banyak lembaga pendidikan mengatakan bahwa anak-anak sulit belajar  matematika atau IPA karena memang mereka tidak berbakat.  Menurut mereka sebaiknya anak-anak yang tidak berbakat IPA dan matematika  ini diarahkan pada  ilmu-ilmu sosial saja.
Unknown
Post kali ini tentang Makalah Semikonduktor dan Dioda...
Buat mahasiswa Fisika sih, ini materinya Elektronika Dasar I. Gw udah kumpulin materinya dari berbagai sumber.

Dibawah ini gw kasih contoh materi semikonduktor dan dioda yang halaman pertama..





Silahkan download filenya :
SEMIKONDUKTOR >>> KLIK DISINI

DIODA >>> KLIK DISINI



Jangan lupa comment-nya yah. Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar :D hehehe
Unknown
Materi Voltmeter Arus Searah 

  • Penggerak meter d’Arsonval dasar
  • Voltmeter rangkuman ganda
  • Sensitivitas Voltmeter
  • Metode Voltmeter-Amperemeter

Download materinya pembahasannya disini 

Unknown
BAB I
PENDAHULUAN

Makna  moral  /  etika   Kristiani  sangat  penting  bagi  kehidupan  orang  Kristen.  Manusia  sebagai ciptaan  Allah  berimplikasi  pada  eratnya hubungan antara Iman dan Perilaku  manusia dalam  rangka tanggung jawab  pada Pencipta. Etika Kristen sebagai ilmu mempunyai fungsi dan  misi  yang khusus  dalam hidup  manusia  yakni petunjuk  dan penuntun  tentang  bagaimana manusia sebagai pribadi dan kelompok harus mengambil keputusan tentang apa yang seharusnya  berdasarkan kehendak  dan Firman Tuhan. Etika Kristen adalah Ilmu yang meneliti, menilai dan  mengatur tabiat  dan  tingkah   laku  manusia  dengan  memakai  norma  kehendak  dan perintah  Allah sebagaimana  dinyatakan  dalam  Yesus  Kristus.



BAB II
PERMASALAHAN
A.      MASALAH MORAL
 Dalam kehidupan sehari-hari tindakan moral adalah tindakan yang paling menentukan kualitas baik buruknya hidup seseorang. Agar tindakan moral seseorang memenuhi kriteria moral yang baik, ia perlu mendasarkan tindakanya pada prinsip-prinsip moral secara tepat. Prinsip-prinsip moral yang dimaksud di sini adalah prinsip sikap baik, keadilan dan hormat terhadap diri sendiri. Prinsip-prinsip moral tersebut disebutkan rasanya juga perlu untuk dikembangkan lebih jauh. Artinya, prinsip moral semcam itu diandaikan hanyalah berlaku bagi sesama manusia. Padahal, dalam kehidupan sehari-hari seseorang tidak hanya berjumpa dan berinteraksi dengan sesamanya. Bisa saja terjadi bahwa seseorang lebih sering berinteraksi dan berhubungan dengan makhluk non-human atau lingkungan hidup di mana ia tinggal, bekerja dan hidup. Maka rasanya kurang memadai jika dalam konteks tersebut tidak terdapat prinsip-prinsip moral yang jelas seperti ketika seseorang menghadapi sesamanya. Dengan kata lain, rasanya akan lebih baik jika terdapat prinsip-prinsip moral yang menjadi penentu baik buruknya tindakan seseorang dengan lingkungan hidup dan unsur-unsur kehidupan lain di dalamnya.  
            Untuk menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya jika kita kembali pada pemahaman tentang teori etika life-centered. Kita kembali pada konsep etika tersebut karena melalui pendekatan etika tersebut,  kita dapat menemukan konsep moral yang lebih memadai bagi manusia dalam menentukan sikap, tindakan dan perspektifnya terhadap lingkungan hidup dan makhluk non-human. Life-centered atau biosentris posisi mungkin kelihatan sebagai sebuah pendirian yang aneh. Bagi beberapa orang, hal itu mungkin dianggap keliru, khususnya ketika semua bintang dan tumbuhan dimasukkan sebagai golongan subyek moral. Bagaimana mungkin kita sebagai manusia punya kewajiban dan tanggung jawab terhadap nyamuk, cacing, semut dan lebah? Alasan apa yang dapat membenarkan pandangan semacam itu? Apakah ada artinya membicarakan tentang bagaimana memperlakukan tanaman atau jamur dengan benar atau salah? Pertanyaan-pertanyaan tersebut rasanya perlu lebih dahulu dijawab untuk menentukan apakah mereka yang kita bicarakan layak disebut sebagai agen moral.
Sebelum kita menjawab beberapa pertanyaan di atas, rasanya terlebih dahulu perlu kita ketahui  apa saja yang menjadi kriteria “sesuatu” dapat disebut sebagai agen moral. Yang dapat disebut sebagai agen moral adalah sebenarnya apa saja yang hidup, yang memiliki kapasitas kebaikan atau kebajikan sehingga dapat bertindak secara moral, memiliki kewajiban dan tanggungjawab, dan dapat dituntut untuk mempertanggungjawabkan tindakanya. Yang lebih penting lagi adalah;  agen moral dapat memberikan penilaian yang benar dan salah; dapat diajak dalam proses delibrasi moral;  dan dapat menentukan keputusan berdasarkan semua alasan yang telah disebutkan. Dengan melihat definisi tersebut, mingkin kita akan berpendapat bahwa semua itu adalah kapasitas yang hanya dimiliki oleh manusia. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah pendapat semacam itu benar seluruhnya?
Dugaan bahwa seluruh kapasitas sebagai agen moral di atas hanya dimiliki oleh manusia tidaklah seluruhnya benar. Dalam kenyataan ada juga pengecualian-pengecualian yang dapat menjadi halangan bagi manusia untuk menjadi agen-agen moral, contohnya adalah anak-anak yang masih berada di bawah umur dan mereka yang mengalami cacat mental. Anak-anak dan mereka yang mengalami cacat mental jelas-jelas adalah manusia. Akan tetapi, mereka tidak dapat disebut sebagai agen moral sebab mereka memiliki keterbatasan baik yang tidak permanen maupun yang permanen. Oleh karena itu, apabila mereka melakukan tindakan yang melanggar nilai-nilai moral tidak dapat dikenakan sanksi.


B.      Masalah Etika
Masalah lingkungan hidup menjadi masalah etika karena manusia seringkali “lupa” dan kehilangan orientasi dalam memperlakukan alam. Karena “lupa” dan kehilangan orientasi itulah, manusia lantas memperlakukan alam secara tidak bertanggungjawab. Dalam keadaan seperti itu, mereka juga tidak lagi menjadi kritis. Oleh karena itulah pendekatan etis dalam menyikapi masalah lingkungan hidup sungguh sangat diperlukan. Pendekatan tersebut pertama-tama dimaksudkan untuk menentukan sikap, tindakan dan perspektif etis  serta manejemen perawatan lingkungan hidup dan seluruh anggota ekosistem di dalamnya dengan tepat. Maka, sudah sewajarnyalah jika saat ini dikembangkan etika lingkungan hidup dengan opsi “ramah”  terhadap lingkungan hidup.
Pada umumnya, paling tidak semenjak jaman modern, orang lebih suka menggunakan pendekatan etika human-centered dalam memperlakukan lingkungan hidup. Melalui pendekatan etika ini, terjadilah ketidakseimbangan relasi antara manusia dan lingkungan hidup. Dalam kegiatan praktis, alam kemudian dijadikan “obyek” yang dapat dieksploitasi sedemikian rupa untuk menjamin pemenuhan kebutuhan manusia. Sangat disayangkan bahwa pendekatan etika tersebut tidak diimbangi dengan usaha-usaha yang memadai untuk mengembalikan fungsi lingkungan hidup dan makhluk-makhluk lain yang ada di dalamnya. Dengan latar belakang seperti itulah kerusakan lingkungan hidup terus-menerus terjadi hingga saat ini.



BAB III
PEMBAHASAN

A.      PENGERTIAN MORAL                                                            

Istilah Moral berasal dari bahasa Latin. Bentuk tunggal kata ‘moral’ yaitu mos sedangkan bentuk jamaknya yaitu mores yang masing-masing mempunyai arti yang sama yaitu kebiasaan, adat. Bila kita membandingkan dengan arti kata ‘etika’, maka secara etimologis, kata ’etika’ sama dengan kata ‘moral’ karena kedua kata tersebut sama-sama mempunyai arti yaitu kebiasaan,adat. Dengan kata lain, kalau arti kata ’moral’ sama dengan kata ‘etika’, maka rumusan arti kata ‘moral’ adalah nilai-nilai dan norma-norma yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Sedangkan yang membedakan hanya bahasa asalnya saja yaitu ‘etika’ dari bahasa Yunani dan ‘moral’ dari bahasa Latin. Jadi bila kita mengatakan bahwa perbuatan pengedar narkotika itu tidak bermoral, maka kita menganggap perbuatan orang itu melanggar nilai-nilai dan norma-norma etis yang berlaku dalam masyarakat. Atau bila kita mengatakan bahwa pemerkosa itu bermoral bejat, artinya orang tersebut berpegang pada nilai-nilai dan norma-norma yang tidak baik.
‘Moralitas’ (dari kata sifat Latin moralis) mempunyai arti yang pada dasarnya sama dengan ‘moral’, hanya ada nada lebih abstrak. Berbicara tentang “moralitas suatu perbuatan”, artinya segi moral suatu perbuatan atau baik buruknya perbuatan tersebut. Moralitas adalah sifat moral atau keseluruhan asas dan nilai yang berkenaan dengan baik dan buruk.

B.         PENGERTIAN ETIKA

 Istilah Etika berasal dari bahasa Yunani kuno. Bentuk tunggal kata ‘etika’ yaitu ethos sedangkan bentuk jamaknya yaitu ta etha. Ethos mempunyai banyak arti yaitu : tempat tinggal yang biasa, padang rumput, kandang, kebiasaan/adat, akhlak,watak, perasaan, sikap, cara berpikir. Sedangkan arti ta etha yaitu adat kebiasaan.
Arti dari bentuk jamak inilah yang melatar-belakangi terbentuknya istilah Etika yang oleh Aristoteles dipakai untuk menunjukkan filsafat moral. Jadi, secara etimologis (asal usul kata), etika mempunyai arti yaitu ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan (K.Bertens, 2000).
Biasanya bila kita mengalami kesulitan untuk memahami arti sebuah kata  maka  kita akan mencari arti kata tersebut  dalam  kamus.  Tetapi  ternyata  tidak semua kamus   mencantumkan arti dari sebuah kata secara lengkap. Hal tersebut dapat kita lihat dari perbandingan yang  dilakukan oleh K. Bertens terhadap arti kata ‘etika’ yang terdapat dalam Kamus Bahasa Indonesia  yang  lama  dengan  Kamus Bahasa Indonesia yang baru. Dalam Kamus Bahasa Indonesia yang lama (Poerwadarminta, sejak 1953 – mengutip dari Bertens,2000), etika mempunyai arti sebagai : “ilmu pengetahuan  tentang  asas-asas  akhlak (moral)”. Sedangkan kata ‘etika’  dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia  yang baru (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1988 – mengutip dari Bertens 2000), mempunyai arti :
1.      ilmu tentang  apa yang baik  dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral
2.      kumpulan  asas  atau nilai  yang  berkenaan  dengan akhlak;
3.      nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat.
Dari perbandingan  kedua  kamus  tersebut  terlihat bahwa dalam Kamus Bahasa Indonesia yang lama hanya terdapat satu arti saja yaitu  etika sebagai ilmu. Sedangkan Kamus  Bahasa Indonesia  yang baru  memuat beberapa arti. Kalau kita misalnya sedang  membaca sebuah kalimat di  berita surat kabar “Dalam  dunia  bisnis etika merosot terus” maka  kata  ‘etika’ di sini  bila dikaitkan dengan arti yang terdapat dalam Kamus Bahasa Indonesia yang lama tersebut  tidak cocok  karena maksud dari kata ‘etika’ dalam  kalimat  tersebut bukan etika sebagai ilmu melainkan ‘nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat’. Jadi arti kata ‘etika’ dalam  Kamus Bahasa Indonesia yang lama tidak lengkap.
Arti kata ‘etika’ dalam Kamus  Besar Bahasa Indonesia tersebut dapat lebih dipertajam dan susunan atau urutannya lebih baik  dibalik, karena arti kata ke-3 lebih mendasar daripada arti kata ke-1. Sehingga arti dan susunannya menjadi seperti berikut :
1.      nilai dan norma moral yang menjadi   pegangan  bagi  seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya.
Misalnya, jika orang  berbicara tentang etika orang Jawa, etika agama Budha, etika Protestan dan  sebagainya, maka yang dimaksudkan etika di sini bukan etika sebagai  ilmu melainkan etika sebagai sistem nilai. Sistem nilai ini bisaberfungsi dalam hidup manusia perorangan maupun pada taraf sosial.
2.      kumpulan asas  atau nilai moral. Yang dimaksud di sini adalah  kode etik.
 Contoh : Kode Etik Jurnalistik
3.      ilmu tentang yang baik atau buruk.
                                                                                        
Etika  baru  menjadi ilmu bila  kemungkinan-kemungkinan  etis (asas-asas dan  nilai-nilai tentang yang dianggap baik dan buruk) yang  begitu  saja diterima dalam suatu  masyarakat  dan sering kali tanpa  disadari menjadi bahan refleksi bagi  suatu penelitian sistematis dan metodis. Etika  di sini  sama  artinya  dengan  filsafat  moral.
a.      Etika Dalam Perjanjian Lama
Etika  dan moral  Abraham dapat terlihat ketika ia dipanggil Allah dalam usianya yang ke 75.Pada saat itu, ia bersama dengan istrinya Sarai beserta keponakannya Lot menuju Kanaan melalui Sikhem dan Betel sekitar tahun 2091 SM (Kej 12:1-5). Abraham yang  pada waktu itu bernama Abram pergi hanya dengan berbekal iman kepada Tuhan dan ia sendiri tidak mengetahui bagaimana sebetulnya daerah Kanaan tersebut. Ketika ia sampai di Kanaan, ternyata negri itu sedang mengalami bencana kelaparan, oleh karena itu ia bersama dengan keluarganya pergi ke Mesir melalui Negep. Peristiwa Abraham yang menuruti perintah Allah memperlihatkan beberapa sikap iman dan moralnya, antara lain:
  1. Berani melangkah mentaati perintah Tuhan untuk menuju ke negeri yang belum diketahui keadaannya.
  2. Bersedia meninggalkan rumahnya dan pergi mengembara yang penuh suka duka serta ancaman bahaya.
  3. Ketika Abraham mencapai tempat  yang ia tuju, ada bencana  kelaparan disana, namun Abraham tidak meninggalkan tempat itu melainkan tetap percaya dan setia pada Tuhan.
  4. Percaya bahwa  Tuhan  pasti akan  memberikan yang terbaik dan hal itu terjadi hingga Abraham menjadi Bapa orang beriman bagi segala bangsa.
Selain dari sikap iman dan moral yang ditunjukkan Abraham, ada juga moral buruk yang ia tunjukkan ketika menghadapi permasalahan hidupnya, yaitu:
  1. Ketika ia berada di Mesir dimana ia kuatir dirinya akan dibunuh supaya orang bisa mengambil istrinya.
  2. Abraham berbohong demi  menyelamatkan dirinya  dengan mengakui istrinya  sebagai adik.
  3. Sikap  egois  dan tidak  mengasihi istri dimana Abraham tidak melindungi  istrinya dan membiarkan  istrinya  rela  diambil  orang.
  4. Abraham tidak menyerahkan perlindungannya pada  Allah tetapi ia tenggelam pada perasaan takutnya yang bisa   mengancam  nyawanya.
b.      Etika Dalam Perjanjian Baru
Ajaran etik Yesus Kristus di  antaranya  terdapat dalam Injil-injil sinoptis (Matius, Markus, Lukas), salah  satu ajaran  tersebut  adalah khotbah di bukit (Mat 5-7; Luk 6:20-49). Dalam khotbah di bukit, Yesus mempermasalahkan etik orang farisi yang sangat berpegang teguh pada pelaksanaan hukum taurat tetapi tidak mengarah kepada kegenapan hukum  taurat dan kitab  para  nabi. Dalam  hal  ini  Yesus mengatakan bahwa "jika  hidup  keagamaanmu  tidak lebih benar daripada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya  kamu tidak akan masuk ke dalam kerajaan surga" (Mat 5:20) karena Kerajaan Allah  sudah  dekat  kepadamu (Luk 10:9.
Selain itu, ajaran etik Yesus juga meminta kepada manusia  untuk menjadi seorang manusia yang bersifat ilahi. Kata ilahi ini memiliki arti menjadi seseorang yang lebih baik dari yang lain. Sebagai contoh, Yesus mengajarkan "Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Dan siapa yang menyuruh engkau berjalan  berjalan sejauh  satu mil, berjalanlah  bersama  dia sejauh dua mil. (Matius 5;39-41).
c.       Kegunaan Moral dan Etika
Etika adalah  pemikiran  yang  sistematis  tentang  moralitas, yang  dihasilkan  secara langsung bukan hanya kebaikan, melainkan suatu pengertian yang lebih mendasar dan kritis.
Ada beberapa alasan mengapa etika pada zaman ini semakin perlu yaitu:
1.       Kita hidup dalam masyarakat yang pluralistic, juga dalam bidang moralitas.
2.       Kita hidup dalam masa transformasi masyarakat yang tanpa tanding.
3.       Kita seringkali cepat-cepat memeluk segala pandangan yang baru, tetapi juga sering menolak nilai-nilai hanya karena baru dan belum biasa.

d.      Hubungan Iman dan Moral/ Etika Kristen
Kata Iman dalam bahasa Ibrani disebut Emunah. Kata emunah hanya terdapat dalam  kitab  Habakuk  yang  diterjemahkan  dengan  kata  percaya  (Hab. 2:4), dan dalam kitab Ulangan  diterjemahkan  dengan  kata  kesetiaan (Ul. 32:20).  Padanan  kata  Emunah  dengan  kata  Iman  (Roma 1:17 ; Gal.3 :11; Ibr.10:38).
Dalam injil Yohanes  kata  Iman  lebih  banyak  memuat  kata  kerja  (pisteuo) dari pada  kata  benda  yang  menekankan  arti  aktif  dari  pada  statis. Bagaimana  manusia  dapat  hidup  dengan benar  sangat  tergantung  pada norma / kaidah hokum yang mengaturnya.  Etika Kristen  mengaku  bahwa  hanya  karena  Yesus Kristuslah  kita dapat  mengenal  Allah sebagaimana  adanya , didalam kedaulatan dan kemuliaan-Nya.  Didalam  kekekalanNya, keesaanNya, didalam KerohanianNya, didalam kasih  dan hikmatNya. Oleh Dialah kita  dapat mengenal Allah yang sejati sebagai Allah yang Tri Tunggal, yakni Bapa, Putera, dan Roh Kudus.
Demikian juga  untuk  tindakan  manusia  yang  diselidiki  dalam  etika  Kristen  berlaku  ucapan  : “Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia,  dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!” (Roma 13:36).
e.      Kesadaran Etis
Tahap-tahap perkembangan moral  menurut  psikolog  Kohlberh  terdiri  dari : Prakonvensional, Konvensional, Pascakonvensional, masing-masing  dibagi  menjadi  dua  jenjang  , sehingga  seluruhnya  menjadi  6 jenjang:
1.      Jenjang pertama, kesadaran  etis yang berorientasi  pada  hukumnya.
2.      Jenjang kedua,  tindakan moral  masih  kanak-kanak  tetapi  sudah lebih  rasional.
3.      Jenjang ketiga, kesadaran etis lebih berorientasi  untuk  menjadi  anggota  kelompok yang baik.
4.      Jenjang  keempat,  kesadaran etis  yang menunjukkan  pada  suatu  prinsip atau  hukum yang lebih tinggi.
5.      Jenjang kelima, kesadaran etis  yang berorientasi  pada  akal, hukum atau peraturan secara kritis, akal manusia  mempunyai  fungsi kreatif,  yang menciptakan yang lebih  benar  dan  lebih baik.
6.      Jenjang keenam,  pemikiran  moral seseorang  mencapai puncaknya,  yaitu  moralitas  yang berpusat pada suara  hati  nurani  dan keyakinan tentang  yang  baik dan benar  bagaikan seorang nabi dalam Alkitab.


BAB IV
PENUTUP / KESIMPULAN

1.      Agar tindakan moral seseorang memenuhi kriteria moral yang baik, ia perlu mendasarkan tindakanya pada prinsip-prinsip moral secara tepat
2.      Etika Kristen adalah salah satu etika yang ada.  Etika  Kristen  adalah Ilmu yang meneliti,  menilai,  dan mengatur tabiat dan tingkah laku manusia. Norma yang menjadi acuan  etika  Kristen  adalah Firman  Allah  dalam Alkitab.
3.      Etika Kristen dibutuhkan oleh  manusia  dengan 4 alasan:
·         Kita hidup dalam masyarakat  yang  pluralistik juga dalam bidang moralitas. Setiap hari bertemu dengan orang yang berlainan suku dan agama.
·         Kita hidup  dalam masa  transformasi  masyarakat yang tanpa tanding.
·         Proses perubahan sosial budaya yang dialami sering menawarkan ideologi-ideologi tertentu.
·         Etika diperlukan oleh agama untuk menemukan dasar  kemantapan  dalam  iman dan kepercayaan dalam kehidupan masyarakat yang berubah.
4.      Hubungan iman dan moral Kristen  berpangkalkan kepercayaan kepada Allah yang menyatakan diri didalam Yesus Kristus.


Download documentnya >>>>> klik disini
Unknown
SAO PAOLO -- Pengungkapan misteri materi kosmos terus bergulir. 
Sebuah teori baru yang cukup mengejutkan kalangan astronom 
mengungkapkan bahwa materi kosmos -- sebagai embrio jagad raya -- 
mengalami perputaran. Tiap perputaran (rotasi) memakan waktu 13 miliar 
tahun. Teori ini didasarkan relasi antara massa bintang dan galaksi serta 
kecepatan rotasinya.
Para astronom meyakini bahwa jagad raya terus mengembang layaknya 
balon yang ditiup sejak peristiwa ledakan besar (teori big bang) yang 
menjadi cikal bakal terbentuknya universe. Namun, teori itu menjadi tidak 
realistik jika diasumsikan bahwa jagad raya hanya terbentuk dari sebuah
singularitas -- sebuah keadaan kepadatan tak berhingga.
Dalam teori big bang, alam raya terbentuk dari sebuah ledakan besar 
materi maha padat. Pecahan-pecahan dari ledakan inilah yang kemudian 
membentuk galaksi  bintang, dan lain-lain. Teori ini sampai sekarang 
dianggap yang paling valid dan sukar dibantah.
Tapi, para kosmolog dalam pelbagai pengamatannya telah menemukan 
keganjilan dalam konsep singularitas karena tidak mendukung penemuan 
hukum-hukum gravitasi kuantum. Menjawab kebimbangan itu, kosmolog 
Saulo Carneiro yang juga seorang ahli fisika dari Federal University, Brazil, 
mengemukakan teorinya bahwa cikal bakal jagad raya itu sebetulnya 
berotasi. Terjadinya ledakan besar dan pengembangan jagad raya karena 
adanya rotasi materi cikal bakal kosmos tadi.
Kemungkinan terjadinya rotasi dan pengembangan pada jagad raya 
sebelumnya memang sudah diprediksi oleh matematikus Kurt Godel, 
1949, yang menggali lebih jauh persamaan relativitas umum Einstein. Persamaan Godel ini akhirnya menuju kesimpulan bahwa jagad raya 
memang berkembang layaknya balon yang terus ditiup. Carneiro 
kemudian mengembangkan persamaan Godel, yang akhirnya 
menemukan teori bahwa konsep singularitas dalam big bang tidak 
mungkin terjadi kecuali  jika materi kosmos mengalami rotasi dalam
waktu yang tak terbatas.
Lantas, bagaimana penjelasannya, dari materi kosmos yang berputar 
hingga menjadi kosmos yang mengembang? Rotasi itu, kata Carneiro, 
mengalami perubahan mendadak karena adanya sebuah transisi fase 
vakum yang melibatkan pelepasan energi yang berasal dari fluktuasi 
kuantum. Inilah yang menjadikan jagad raya berkembang. Fase transisi 
itu telah menjadi bagian standar dalam teori kosmologi konvensioanl.
Carneiro telah mengkalkulasi bahwa universe masa awal melakukan
rotasi sempurna dalam 13 miliar tahun, setara dengan estimasi kecepatan
pengembangan universe. Rotasi itu telah berhenti dan selanjutnya jagad 
raya mulai mengembang sejak 11 miliar tahun lalu.
Jika pendapat ini benar, momentum angular kosmos akan bisa terungkap 
secara nyata. Dan Carneiro menduga, momentum itu sudah terungkap 
ketika tahun 1970, para astronom menemukan hukum alam secara 
misterius yang menunjukkan adanya proporsi momentum angular planet, 
bintang, dan galaksi yang sesuai dengan luas dan massa masing-masing 
benda kosmos tersebut.
Pendapat Carneiro ini memang masih dianggap kontroversial. Tapi 
astronom brilian dari Brazil ini dalam papernya, Calssical and Quantum 
Gravity, menunjukkan bukti-bukti yang agak sulit dibantah. Menurutnya, 
rotasi universe akan menjadikan obyek rotasi dalam fase mengembang, 
seperti sebuah obyek yang terimbas gaya sentrifugal yang mengarah ke 
luar dari orbit. Ia memperkirakan, obyek itu akan keluar dengan momentum
angular yang setara dengan kenaikan massanya. Dalam kaitan ini, 
Einstein membuktikan dengan teori relativitas umumnya, bahwa massa 
yang bergerak mendekati cahaya, beratnya akan bertambah.
Temuan Carneiro itu ternyata mendapat banyak tanggapan. Astronom 
Paul Wesson dari Universitas Waterloo, Kanada menyatakan teori 
Carneiro cukup menarik. ''Tapi dia tak bisa menunjukkan bagaimana momentum angular berasal dari fase dini alam raya yang berputar,'' kata 
Wesson. ''Saya tak menyatakan pendapat Carneiro itu salah. Tapi bagi 
saya, penjelasan Carneiro terlalu simplistis.''
Carneiro sendiri menyatakan tujuan pengungkapan teorinya bukan untuk
meniadakan kebenaran teori kosmologi konvensional. ''Hal yang terpenting
dari paper sayua,'' tandas Carneiro, ''Adalah sekadar menggugah perhatian
para ahli kosmologi bahwa ada skenario alternatif dalam menjelaskan 
evolusi jagad raya.''
Unknown
Hello guys,, bagi yang butuh bantuan soal- soal Fisika X SMA dari bukunya Bapak Marthen Kanginan ini ada soal dan jawabannya yang saya buat, tapi hanya 2 Bab mengenai "Listrik Dinamis" dan "Gelombang Elektromagnetik. Silakan didownload :)


Soal dan Pembahasan Listrik Dinamis >>>>> download disini

Soal dan Pembahasan Gelombang  Elektromagnetik >>>>> download disini


Untuk Ringkasan Materinya :

Materi Listrik Dinamis >>>>> download disini

Materi Gelombang  Elektromagnetik >>>>> download disini


Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar!
hehe jangan lupa tinggalkan komentar yah :D

Unknown
HASIL SURVEI DAERAH SEKITAR DANAU TONDANO 

Sumber-sumber pencemaran yang terjadi di danau tondano

a.       Aktivitas persawahan

Persawahan menjadi salah satu sumber pencemaran di danau tondano karena
sisa – sisa pupuk yang digunakan dai persawahan tersebut mengalir sehingga zat-zat yang terkandung dalam pupuk tersebut dapat mengakibatkan menurunnya kandungan nutrisi air di danau tondano. Selain sisa-sisa pupuk , juga terdapat factor lain lain yang dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran di danau tondano yaitu tanah yang bercampur air, yang merupakan sisa dari aktifitas persawahaan yang mengalir ke danau tondano mengakibatkan pendangkalan di danau tondano.

b.     Aktivitas pertambakan ikan
Pertambakan ikan yang dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar danau tondano juga merupakan salah satu sumber dari pencemaran yang terjadi di danau tondano. Hal ini disebabkan karena sisa-sisa pakan yang tidak habis dimakan oleh ikan di tambak tersebut yang mengandung zat-zat kimiawi yang dapat mengakibatkan menurunnya kandungan nutrisi air di danau tondano itu sendiri.

c.      Akibat Peternakan di Sekitar Danau Tondano 
Aktivitas peternakan disekitar danau juga menjadi salah satu pengyebab terjadinya pencemaran di sekitar daerah danau tondano. Hal ini disebabkan karena kotoran dari hewan ternak tersebut langsung mengalir ke danau, misalnya melalui hujan dan kemudian mengalir ke danau.

d.      Limbah Domestik
Limbah-limbah domestic dari rumah-rumah pemukiman di sekitar danau tondano menjadi juga  salah satu penyebab terjadinya pencemaran udara di sekitar danau tondano. Limbah-limbah domestic yang dimaksud yaitu, sampah-sampah berupa botol-botol plastik bungkusan-bungkusan makanan,dsb; pembuangan-pembuangan hasil olahan rumah tangga seperti air deterjen dll. Ini menyebabkan rusaknya kelestarian dari danau tondano tersebut secara fisik (berupa keindahan danau tondano), selain itu juga limbah-limbah pembuangan olahan rumah tangga yang berupa air deterjen dapat mengakibatkan menurunnya kadungan nutrisi air di danau tondano.


Akibat – akibat pencemaran di danau tondano 

Begitu banyak aktivitas masyarakat setempat yang sangat tergantung dengan danau tondano, namun tanpa disadari juga terdapat aktivitas-aktivitas yang tentunya membawa dampak buruk bagi kondisi danau tondano tersebut. Dan dampak atau akibat-akibat yang terjadi dari pencemaran di danau tondano yaitu :



a.       Enceng gondok yang semakin banyak
Enceng gondok tumbuh dengan cepat di danau karena beberapa faktor antara lain karena nutrisi serta limbah racun yang dibutuhkan enceng gondok banyak.
b.      Berkurangnya kandungan nutrisi air danau tondano
Hal ini disebabkan banyaknya zat-zat kimia yang masuk ke dalam perairan danau tondano yang menyebabkan kandungan nutrisi air danau tondano menjadi berkurang.
c.       Pendangkalan danau
Pendangkalan danau tondano terjadi akibat salah satunya yaitu tanah yang bercampur dengan air yang berasal dari persawahan sekitar danau tondano mengalir ke danau tersebut. Dampaknya apabila terjadi hujan deras,, daerah –daerah di sekitar danau tondano akan tergenang karena danau tidak mampu menampung lagi air hujan.

d.      Berkurangnya hasil perikanan danau tondano
Berkurangnya hasil perikanan danau tondano akibat kandungan nutrisi air danau tondano yang telah tercemar oleh zat-zat kimia sehingga organisme yang hidup di danau tondano telah terganggu habitatnya.


Penanggulangan pencemaran danau tondano 

Untuk tetap menjaga agar danau tondano tidak lebih parah kerusakannya maka perlu adanya penanggulangan-penanggulangan yang harus dilakukan antara lain :
a.       Pengangkatan enceng gondok secara besar-besaran harus dilakukan secepatnya mengingat pertumbuhan enceng gondok yang cepat.
b.      Pembersihan daerah tepi sekitar danau tondano
c.       Pembekalan kepada masyarakat mengenai pentingnya pemeliharaan kelestarian danau tondano karena pada dasarnya pencemaran yang tanpa sengaja ataupun sengaja yang dilakukan oleh masyarakat sekitar danau tondano sangat berpengaruh bagi kehidupan ekonomi masyarakat sekitar.


Materi selengkapnya bisa anda download disini