Unknown
Tips berkawan menurut fisika (gelombang emosi)
Kawan yang baik adalah kawan yang gelombang emosinya mudah beresonansi dengan gelombang emosi kita. Dikala kita susah ia bisa ikut merasa susah, dikala kita senang ia bisa ikut merasa senang.
Bagaimana kita bisa jadi kawan yang baik?
1. Jangan mendominasi percakapan dengan aku-aku-aku dan akuuuu terusss…(egois dan narsisnya jangan kelewatan….) tetapi arahkan pembicaraan kearah kamu-kami kamu-kami (cari titik temu gelombang emosinya lewat pembicaraan yang mengarah ke kebersamaan)
2. Percepat resonansi gemosi. Caranya: berikan pujian tulus (tidak pura-pura), sebut namanya dengan benar, ingat tanggal-tanggal penting yang mereka sebutkan (tanggal lahir, married dsb).
3. Laksanakan Golden rule:
a. “Seorang harus memperlakukan orang lain, sebagaimana dirinya ingin diperlakukan” misalnya anda ingin dipuji, maka pujilah teman anda itu atau anda ingin dilayani maka layanilah teman anda.
b. “Seorang tidak memperlakukan orang lain, sebagaimana dirinya tidak ingin diperlakukan”. Misalnya kita tidak suka diledek, ya jangan meledek atau kalau tidak suka dikritik ya jangan mengkritik.
Golden rule yang merupakan ajaran semua agama ini akan mempercepat resonansi gemosi pertemanan kita.
Selamat mendapat sahabat baru.
 
#YohanesSurya(Official)
0 Responses

Posting Komentar