Unknown
HASIL SURVEI DAERAH SEKITAR DANAU TONDANO 

Sumber-sumber pencemaran yang terjadi di danau tondano

a.       Aktivitas persawahan

Persawahan menjadi salah satu sumber pencemaran di danau tondano karena
sisa – sisa pupuk yang digunakan dai persawahan tersebut mengalir sehingga zat-zat yang terkandung dalam pupuk tersebut dapat mengakibatkan menurunnya kandungan nutrisi air di danau tondano. Selain sisa-sisa pupuk , juga terdapat factor lain lain yang dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran di danau tondano yaitu tanah yang bercampur air, yang merupakan sisa dari aktifitas persawahaan yang mengalir ke danau tondano mengakibatkan pendangkalan di danau tondano.

b.     Aktivitas pertambakan ikan
Pertambakan ikan yang dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar danau tondano juga merupakan salah satu sumber dari pencemaran yang terjadi di danau tondano. Hal ini disebabkan karena sisa-sisa pakan yang tidak habis dimakan oleh ikan di tambak tersebut yang mengandung zat-zat kimiawi yang dapat mengakibatkan menurunnya kandungan nutrisi air di danau tondano itu sendiri.

c.      Akibat Peternakan di Sekitar Danau Tondano 
Aktivitas peternakan disekitar danau juga menjadi salah satu pengyebab terjadinya pencemaran di sekitar daerah danau tondano. Hal ini disebabkan karena kotoran dari hewan ternak tersebut langsung mengalir ke danau, misalnya melalui hujan dan kemudian mengalir ke danau.

d.      Limbah Domestik
Limbah-limbah domestic dari rumah-rumah pemukiman di sekitar danau tondano menjadi juga  salah satu penyebab terjadinya pencemaran udara di sekitar danau tondano. Limbah-limbah domestic yang dimaksud yaitu, sampah-sampah berupa botol-botol plastik bungkusan-bungkusan makanan,dsb; pembuangan-pembuangan hasil olahan rumah tangga seperti air deterjen dll. Ini menyebabkan rusaknya kelestarian dari danau tondano tersebut secara fisik (berupa keindahan danau tondano), selain itu juga limbah-limbah pembuangan olahan rumah tangga yang berupa air deterjen dapat mengakibatkan menurunnya kadungan nutrisi air di danau tondano.


Akibat – akibat pencemaran di danau tondano 

Begitu banyak aktivitas masyarakat setempat yang sangat tergantung dengan danau tondano, namun tanpa disadari juga terdapat aktivitas-aktivitas yang tentunya membawa dampak buruk bagi kondisi danau tondano tersebut. Dan dampak atau akibat-akibat yang terjadi dari pencemaran di danau tondano yaitu :



a.       Enceng gondok yang semakin banyak
Enceng gondok tumbuh dengan cepat di danau karena beberapa faktor antara lain karena nutrisi serta limbah racun yang dibutuhkan enceng gondok banyak.
b.      Berkurangnya kandungan nutrisi air danau tondano
Hal ini disebabkan banyaknya zat-zat kimia yang masuk ke dalam perairan danau tondano yang menyebabkan kandungan nutrisi air danau tondano menjadi berkurang.
c.       Pendangkalan danau
Pendangkalan danau tondano terjadi akibat salah satunya yaitu tanah yang bercampur dengan air yang berasal dari persawahan sekitar danau tondano mengalir ke danau tersebut. Dampaknya apabila terjadi hujan deras,, daerah –daerah di sekitar danau tondano akan tergenang karena danau tidak mampu menampung lagi air hujan.

d.      Berkurangnya hasil perikanan danau tondano
Berkurangnya hasil perikanan danau tondano akibat kandungan nutrisi air danau tondano yang telah tercemar oleh zat-zat kimia sehingga organisme yang hidup di danau tondano telah terganggu habitatnya.


Penanggulangan pencemaran danau tondano 

Untuk tetap menjaga agar danau tondano tidak lebih parah kerusakannya maka perlu adanya penanggulangan-penanggulangan yang harus dilakukan antara lain :
a.       Pengangkatan enceng gondok secara besar-besaran harus dilakukan secepatnya mengingat pertumbuhan enceng gondok yang cepat.
b.      Pembersihan daerah tepi sekitar danau tondano
c.       Pembekalan kepada masyarakat mengenai pentingnya pemeliharaan kelestarian danau tondano karena pada dasarnya pencemaran yang tanpa sengaja ataupun sengaja yang dilakukan oleh masyarakat sekitar danau tondano sangat berpengaruh bagi kehidupan ekonomi masyarakat sekitar.


Materi selengkapnya bisa anda download disini


0 Responses

Posting Komentar